Pegangan Tangan atau Biasa Disebut Hand Grip di Mobil, Apa Fungsinya?

Tentu Sahabat Daihatsu mengenal pegangan tangan yang berada di dekat interior  langit-langit mobil bukan? Tahukah Anda bahwa pegangan tangan ini dinamakan hand grip.

Hand grip biasanya terletak tepat di atas jendela mobil di setiap bangku. Tak jarang beberapa pengendara mobil memanfaatkan bagian ini sebagai gantungan baju agar baju tetap rapi.

Padahal, hand grip yang termasuk fitur keselamatan ini memiliki multifungsi lho, Sahabat Daihatsu!

Dalam artikel ini, akan dibahas seputar hand grip dan manfaatnya serta tata cara penggunaan yang benar. Mari simak bersama informasinya.

Mengenal Hand Grip

Hand grip atau pegangan tangan di mobil adalah bagian interior mobil yang biasanya terletak hampir di setiap baris kursi dan di atas jendela.

Biasanya hand grip digunakan untuk menahan beban tubuh ketika melewati jalanan rusak agak guncangan dapat ditahan.

Saat Anda memegang hand grip, guncangan di dalam mobil dapat Anda antisipasi dengan menumpukan beban badan pada tangan yang berpegangan di hand grip.

Namun, tidak jarang juga penumpang menggunakan hand grip saat akan naik ke mobil dengan ground clearance yang tinggi. Hal ini akan memudahkan penumpang untuk menjaga keseimbangan tubuhnya saat naik ke mobil.

Fungsi Hand Grip

Tidak hanya berfungsi sebagai gantungan baju, hand grip mobil punya sederet manfaat penting lainnya.

Fungsi utama hand grip sebenarnya adalah untuk membantu menahan posisi duduk agar tidak mudah bergeser. Terutama, saat di jalan penuh turunan atau kerusakan. Dengan berpegangan pada hand grip posisi penumpang dapat tetap terjaga.

Selain itu hand grip juga digunakan sebagai pegangan penumpang saat keluar masuk mobil yang cukup tinggi. 

Dengan adanya hip point ini, penumpang akan merasa lebih aman saat naik turun mobil. Terlebih lagi, hand grip akan sangat bermanfaat bagi Sahabat Daihatsu yang bertubuh mungil.

Pada beberapa mobil, akan ditemukan kursi pengendara yang tidak memiliki hand grip di bagian atasnya. Hal ini beralasan dengan anjuran untuk menyetir dengan dua tangan agar keamanan lebih terjaga.

Memegang hand grip di bangku kemudi berpotensi untuk memecah konsentrasi pengendara ketika mengemudikan mobil.

Meskipun hand grip memang akan membantu menghindari tubuh dari guncangan, tetapi Anda tetap tidak boleh hanya bergantung pada hand grip.

Untuk keselamatan yang utama, tetap wajib kenakan sabuk pengaman, ya, Sahabat Daihatsu!

Kenali Penggunaan Hand Grip

Memiliki banyak manfaat, bukan berarti hand grip atau pegangan tangan mobil dapat Anda gunakan setiap saat. Berikut adalah saran penggunaan hand grip untuk memastikan keamanan Anda.

  1. Gunakan Sabuk Pengaman
    Seperti yang kita ketahui, meskipun hand grip bisa menahan posisi badan dari guncangan, Anda tetap diwajibkan menggunakan safety belt. Selain untuk menghindari tilang, seat belt juga memberikan perlindungan yang lebih protektif pada tubuh saat terkena benturan hebat. Sebagai rekomendasi, Anda bisa menggunakan seat belt sambil memegang hand grip untuk double protektif.

  2. Tangan Pengemudi Tidak Berada di Hand Grip
    Jika Anda menemukan hand grip di bagian kursi pengemudi, jangan memegang hand grip saat sambil menyetir. Sesuai undang-undang untuk keselamatan dalam berkendara Anda disarankan untuk memegang kemudi dengan dua tangan. Alasan lain adalah karena memegang kemudi sambil menyetir juga berpotensi untuk memecah konsentrasi pengemudi. 

  3. Hanya Gunakan Hand Grip di Kondisi Tertentu
    Hand grip tetap dikategorikan sebagai fitur keselamatan, akan tetapi Anda tetap perlu menggunakannya di waktu yang tepat saja. Penggunaan hand grip secara terus menerus bisa mendatangkan berbagai dampak fatal. Otot atau pergelangan tangan mampu mendapatkan cedera parah apabila Anda refleks memegang hand grip saat terjadi benturan. Cukup gunakan hand grip saat Anda melewati jalanan rusak penuh guncangan atau naik turun. 

Itulah informasi seputar hand grip bagi Sahabat Daihatsu. Oleh karena itu, setelah ini, Pastikan Anda menggunakan hand grip dengan bijak dan tetap berhati-hati saat berkendara, ya, Sahabat Daihatsu!

 

sumber: https://www.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/pegangan-tangan-di-mobil