Inden Mobil Bisa Lebih Untung? Ini Penjelasannya

Tahukah Anda, saat ini terdapat istilah “inden” dalam pembelian mobil? Sistem pembelian ini dilakukan oleh para dealer untuk memberikan keleluasaan bagi calon pembeli untuk mendapatkan mobil dengan spesifikasi khusus yang diminta.

Inden mobil atau istilah lainnya adalah “pre-order” memiliki sederet keuntungan dan kekurangan bagi pembeli.

Dalam artikel ini, Sahabat Daihatsu akan mengetahui lebih dalam informasi seputar istilah inden berikut dengan poin plus dan minusnya. Mari cek bersama informasinya.

Apa itu Masa Inden Mobil?

Inden mobil merupakan proses pemesanan atau pendaftaran mobil baru sebelum unit tersebut diproduksi oleh pabrik.

Melalui inden, konsumen dapat memilih varian, warna, dan opsi lainnya sesuai preferensi sebelum mobil tersebut dibuat.

Inden mobil merupakan solusi yang banyak digunakan oleh konsumen yang ingin memiliki mobil dengan spesifikasi khusus atau varian tertentu yang tidak tersedia di dealer secara langsung.

Dengan melakukan inden, konsumen dapat memesan mobil sesuai dengan keinginan mereka dan biasanya harus melakukan pembayaran sejumlah uang muka atau tanda jadi.

Proses inden memungkinkan konsumen untuk mendapatkan mobil yang diinginkan dalam periode tertentu, tergantung dari kebijakan dan ketersediaan unit yang ditentukan oleh pabrik atau dealer.

Inden mobil memberikan fleksibilitas kepada konsumen untuk memiliki kendaraan sesuai dengan preferensi mereka, meskipun prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pembelian mobil yang sudah tersedia di dealer.

Berapa Lama Waktu Menunggu Inden

Pembelian mobil dengan cara inden sering dilakukan oleh konsumen yang ingin memiliki mobil dengan fitur atau spesifikasi khusus yang tidak tersedia di dealer atau stok yang ada.

Waktu yang diperlukan untuk proses inden akan bervariasi tergantung pada jenis mobil yang dipesan, produsennya, dan ketersediaan mobil di pasar.

Biasanya, proses inden akan memakan waktu beberapa minggu hingga beberapa bulan.

Kelebihan dan Kekurangan Mobil Inden

Terdapat beberapa keunggulan bagi Anda yang berniat untuk memesan  mobil secara inden, di antaranya adalah:

  1. Mendapatkan mobil dengan fitur khusus
    Proses inden mobil dilakukan saat pembeli menginginkan mobil dengan spesifikasi atau fitur khusus yang tidak tersedia di dealer atau showroom. Dengan melakukan inden, pembeli dapat memiliki mobil dengan fitur atau kelengkapan yang tidak dapat ditemukan secara langsung di dealer atau showroom.

  2. Dapat memilih warna mobil yang unik
    Saat memesan mobil inden, khusus beberapa mobil, Anda bisa saja memilih warna sesuai keinginan yang lain dari mobil di pasaran. Hal ini bisa Anda diskusikan lebih lanjut kepada dealer terkait tempat Anda memesan mobil secara inden. 

Namun, terdapat beberapa kekurangan dalam proses inden. Salah satunya adalah waktu tunggu yang cukup lama, dan terdapat risiko penundaan produksi atau masalah kualitas yang dapat mempengaruhi waktu pengiriman mobil.

Selain itu, harga mobil yang dipesan dengan spesifikasi khusus atau langka cenderung lebih tinggi dibandingkan mobil yang tersedia di dealer.

Itulah tambahan informasi mengenai sistem pembelian mobil secara inden untuk Sahabat Daihatsu ketahui.

 

sumber: https://www.astra-daihatsu.id/berita-dan-tips/inden-mobil